• 9

    Oct

    Maaf Nak, Sementara Jangan Main di Musholla Dulu Ya!

    Anakku, sedang beranjak menuju usia 2 tahun, gemar bermain di musholla kompleks. Mungkin karena tempatnya terbuka, lapang dan sejuk, beda dengan kondisi rumah yang sempit. Padahal di situ dia paling-paling hanya bermain sapu dan kain pel, sesekali bermain spidol dan penghapus yang sering dipakai untuk belajar mengaji. Agak merepotkan bagiku adalah karena bocah ini gemar keluar-masuk musholla, dan aku harus memastikan dia melepas/memakai sandal sesuai tempatnya. Karena biasanya musholla sepi, jadi kami bisa santai saja bermain. Saat aku hendak pindah ke kompleks ini, penghuni rumah yang hendak aku beli bercerita kalau di kompleks ada musholla, tapi biasanya sepi dan hanya dimanfaatkan saat bulan puasa. Tapi sejak 2-3 tahun terakhir aku lihat warga mulai berkeinginan untuk lebih banyak mema
    Read More
  • 21

    Apr

    Yesus Juga Manusia

    Seorang kenalan (teman di FB tapi tidak pernah ketemu di dunia nyata) menulis curhat di wall-nya. Gara-gara dia posting tulisan yang mencantumkan kalimat “Yesus juga manusia”, ada temannya yang marah-marah, orang Katholik. Btw, kenalanku itu nonkristen. Kalau benar dia hanya menyatakan kalimat itu dan yang marah itu benar-benar Katholik, maka menurutku itu lucu. Orang Kristen (biar lebih luas, tidak hanya satu aliran tertentu) marah-marah karena ada yang menghina keyakinannya saja sudah kurang pantas. Apalagi marah-marah karena sesuatu yang sama sekali tidak menghina. Baper? Sensi? Atau Bodoh?  Bagi orang Kristen yang benar-benar paham sejarah dan ajaran Kristiani, pernyataan “Yesus juga manusia” bukanlah pernyataan yang salah, justru pernyataan yang benar da
    Read More
  • 13

    Jun

    Aher Hendak Bangun Masjid Megah - Pemimpin Visioner

    Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan alias Aher, dikabarkan sudah menyiapkan dana 1 Triliun dari APBD untuk membangun masjid yang megah di Bandung. Benar-benar visioner. Terbukti bahwa dia memiliki program jangka panjang. Jangan lihat pada biayanya, yang MURNI dari APBD, tapi lihatnya pada manfaatnya di bidang pariwisata. Borobudur, Taj Mahal dan Piramida di Mesir dulu pasti dibangun dengan biaya mahal, dan sekarang memberi manfaat bagi penduduk sekitar. Infrastruktur? Sampah? Banjir? Ah itu kan masalah jangka pendek saja. Apalagi itu masalah alam. “Ya kalo hujannya sudah engga ada, udah panas lagi ya pasti banjirnya otomatis reda kan,” katanya, saat menghadiri HUT Satpol PP ke 66 dan HUT Linmas ke 54 di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Selasa (15/3/2016). Sumber: Okez
    Read More
  • 14

    Aug

    Apa Salahnya Mengajak 270 Juta Orang Berdoa?

    Sejak kemarin, salah satu ustad terkenal menjadi pembicaraan ramai di media sosial, gara-gara postingan twitternya. 270an jt penduduk Indonesia, doa bareng, 40hr, pake 7 TV Nasional, pagi siang sore malem, beres dah. Dolar bs lsg di bawah ceban. @yusuf_mansur Banyak komentar yang menertawakan kenaifan beliau. Aku sih coba menahan diri untuk tidak ikut-ikutan tertawa atau mencemooh twit tersebut, tapi terus terang gak bisa nahan tawa membaca berbagai komentar dan meme terkait dengan twit itu. Sebenarnya apa salahnya mengajak orang berdoa? Di setiap agama, doa adalah hal yang umum dan wajib. Doa bisa mengungkapkan banyak hal, dan setiap agama punya kisah dan kesaksian tentang mujizat yang didapat lewat doa. Karena saya Kristen, saya hanya akan berkomentar dari sudut pandang Kristiani. Agak
    Read More
  • 5

    Aug

    Alasan Emmanuel Adebayor Memilih Islam

    Beberapa hari lalu seseorang mengirimkan artikel ke group Whatsapp tentang 13 alasan mengapa Emmanuel Adebayor (EA), pemain sepakbola internasional dari Togo, meninggalkan agama Kristen dan memilih masuk Islam. Grup itu adalah grup warga komplek, yang isinya jelas dari beragam suku dan agama. Menurutku sih agak keterlaluan tidak dewasanya si pengirim postingan tersebut, tapi ya sudahlah, sebagai minoritas aku pilih diam saja. Untung warga lain juga memilih bersikap dewasa, tidak ada yang memberi tanggapan. Bahkan seorang warga senior langsung mengirimkan gambar humor untuk mengalihkan topik. Padahal kalau ada yang posting tentang kotbah atau renungan, meskipun dari agama tertentu (selama ini sih selalu dari kalangan muslim), banyak yang mengamini. So far, buatku gak masalah, justru bagus
    Read More
  • 11

    Jun

    Menanggapi Tulisan Tere Liye Soal Menghormati Yang Tidak Berpuasa

    Beberapa hari ini di linimasa Facebook saya muncul tulisan dari Darwis Tere Liye yang dishare oleh beberapa teman. Awalnya saya tidak begitu tertarik melihat cukilan tulisan yang ada, paling isinya berbau ‘membela diri’. Tapi membaca komentar beberapa teman, saya jadi tergelitik juga untuk membaca, siapa tahu ada isinya yang memang inspiratif dan menambah wawasan. Tulisan itu bisa dilihat di sini, maaf gak sempat capture. Disclaimer: ini adalah opini pribadi, tidak mencerminkan pandangan dari kelompok tertentu. Beberapa opini mungkin sedikit menyinggung pihak lain, jadi bagi yang tidak siap dengan perbedaan pendapat, mohon jangan dilanjutkan membaca:) Semoga tetap damai. Sebelumnya biar saya cerita pengalaman saja sebagai non muslim selama bulan Ramadhan. Waktu kecil saya ting
    Read More
  • 22

    Mar

    Saya prihatin ... !

    Untuk saat ini, saya hanya bisa mengekor apa yang sering menjadi “trademark” oleh Yang Mulia Bapak Presiden SBY, yaitu ucapan “Saya prihatin …”. Ya, kasus GKI Yasmin Bogor dan HKBP Philadelphia Bekasi belum tuntas, mendadak ada berita gedung gereja HKBP Setu (juga di Bekasi) dirobohkan oleh pemerintah daerah. Ya, apapun alasannya, saya prihatin. Cuma bisa bilang itu. Seharusnya untuk gedung ibadah, ada sedikit kelonggaran. Kalaupun alasannya masalah hukum, berilah waktu untuk membereskan, tidak langsung hajar. Mengutip perkataan ketua PGI, kalau masalahnya hukum, kenapa GKI Yasmin masih belum bisa menggunakan gedung sendiri? Yah, saya prihatin. Saya gak bisa bilang apa-apa lagi, ataupun bertindak apa-apa.
    Read More
- Next

Author

Search

Recent Post

Komentar Terbaru