• 22

    May

    Tampak Lebih Muda

    “Sekarang Mas tampak jauh lebih muda lho “, demikian celetuk Marta sambil tersenyum. Waktu itu kami (bersama Iyor) sedang dalam perjalanan ke mal untuk makan siang. Hehehehe .. kali ini aku cuma bisa senyum-senyum. Kalau Marta yang komentar, biasanya serius, gak cuma untuk ngeledekin atau ada maksud tertentu. Tersanjung, geEr, atau apalah … yang jelas aku senang-senang aja. Dan seperti biasa, Iyor gak setuju. Bagi dia, aku tetap aneh dengan gaya rambutku sekarang. “Jadi mirip kayak teman mas itu tuh ..”, kata Iyor mencibir. Yang dia maksud adalah Iwed, yang selalu rapi, dengan minyak rambut klimis, sisiran rapi belah samping. Sebagian besar orang dewasa, mungkin hampir semua, merasa penuaan adalah momok. Ketika kita terlihat makin tua, banyak yang merasa gak
    Read More
  • 28

    Apr

    Jamsostek

    “Mas, nanti kalau kondisi kantor sudah baik, kita ikutan program Jamsostek donk!”, demikian Iyor mengirim pesan lewat YM. Rupa-rupanya, pengajuan kreditnya ditolak oleh pihak bank, dengan alasan kantor kami belum bergabung dalam program Jamsostek. “Kan gak wajib” jawabku. Setahuku memang tidak semua perusahaan ikut jamsostek, dan ada banyak pilihan asuransi yang lain juga. “Gak kok, kata temanku, Jamsostek itu wajib” kata Iyor ngotot. “Coba tunjukkan mana peraturannya?” “Ya gak tahu, ntar kutanya temenku dech”, jawabnya. Segera aku googling tentang kewajiban Jamsostek. Ternyata aku menemukan ada artikel yang intinya menyatakan adanya peraturan pemerintah yang mewajibkan perusahaan dengan karyawan lebih dari 10 orang untuk ikut
    Read More
  • 20

    Apr

    Pajak

    Bulan ini adalah batas akhir pembayaran pajak perusahaan, baik Ppn maupun Pph badan, untuk periode tahun lalu, tahun 2008. Budi sedang sibuk menghitung-hitung kembali transaksi yang dilakukan tahun. Tahun-tahun sebelumnya, kerjaan ini ditangani oleh Iyor. Jadi Iyorpun ikut terlibat untuk memeriksa kembali berkas-berkas yang ada, memisah-misahkan transaksi mana saja yang Ppn-nya sudah dibayar dan mana yang belum. “Wah, ternyata sejak bulan April, semua Ppn belum disetorkan!” “Eh, yang tahun 2007 juga masih ada yang belum dibayar, meskipun sudah dilaporkan!” “Waduh, banyak banget nih yang harus dibayar, Mas. Total bisa 50 juta lebih!” #*$((@*#(#*#(## …. aaarrrggghhhhh !!!! Kok bisa pajak nunggak begitu banyak!!!! “Ya, bagaimana lagi Mas. Memang
    Read More
  • 26

    Mar

    Tampak Lebih Muda

    “Mas, kok belakangan ini tampak lebih muda ya.” kata Marta tiba-tiba. Ah, ada-ada saja dia ini, tiba-tiba bikin orang besar kepala aja. Aku cuma nyengir, belum ada kata-kata yang tepat agar tidak ketahuan membengkaknya kepalaku. “Masak sih??????”, langsung saja Iyor dan Budi protes dengan komentar itu. “Tampak muda dari mana? Udah tua tuh .. dah kepala 3″. “Iya, beneran. “, Marta tetap kekeuh dengan pendapatnya. Memang kelihatan dia sungguh-sungguh. “Beberapa hari belakangan baru kelihatan. Kok jadi kayak sebaya … hehehehe”. Usiaku dengan Marta selisih sekitar 7 tahun. Wah, dianggap sebaya .. makin menggembung aja kepalaku. Aku cuma bisa cengar-cengir saja. —- Malam harinya, Adek ngirim SMS. Dia bliang, “Ma
    Read More
  • 5

    Mar

    Kayaknya Mau Resign Ya?

    Waktu keluar dari toilet, Iyor tiba-tiba mendatangiku, dan dengan berbisik dia berkata, “Prof kok kayaknya mau resign ya?”. Meski tidak terlalu mengherankan bagiku, tapi tetap aku menanggapi. “Emang tahu darimana?” kataku. “Ya, tadi aku sempat dengar-dengar. Meski dia ngomong lewat telpon pakai bahasa Jawa, tapi sedikit banyak sepertinya aku nangkap. Kok sepertinya ada omongan, dia minta dicariin kerjaan gitu.” “Yah, mau gimana lagi”, kataku mencoba tenang. “Sayang juga Mas, ” Iyor melanjutkan omongannya. “Kan Prof udah cukup lama di sini, pengalaman dan koneksinya juga banyak.” “Ya tapi gimana lagi, aku juga gak bisa ngapa-ngapain dengan kondisi kantor seperti ini.” jawabku. “Apa dia seperti i
    Read More
  • 3

    Mar

    Minyak Rambut

    “Mas, kapan ulang tahun?”, tanya Marta tiba-tiba, sambil tersenyum. “Ada deh, emang kenapa?” jawabku sambil balas bertanya. “Aku mau ngasih kado”, katanya sambil tetap cengar-cengir. Wah, nampaknya ada gelagak kurang baik nih. Apalagi para gadis selama ini mengembangkan tradisi memberi kado ultah yang aneh-aneh, meski hanya ke sesama gadis. “Wah, bisa kutebak, pasti mau ngasih minyak rambut ya? Ogaaaahhh”, kataku berteriak. Kebetulan waktu itu Iyor datang. Sedikit heran dengan kehebohan yang ada, dia gak mau ketinggalan, dan mulai bertanya. “Gini Yor, aku mau ngasih Mas minyak rambut” kata Marta dengan tersenyum. “Ihhhh …. “, respon Iyor di luar dugaan Marta. “Gak mau ah. Aku paling jijik lihat cowok
    Read More
  • 17

    Jan

    Baunya Gak Sedap

    “Mas, belum mandi ya?” tanya Iyor. Waktu itu dia lagi di belakangku, sementara aku duduk memainkan gitar. “Enak aja, udah donk. Kenapa? Bau ya?”, jawabku manyun. “Iya, baunya gak sedap.” jawab Iyor jujur. “Tapi masih mendingan sih, daripada si Akank.” “Yah, mau gimana lagi. Masak harus mandi lagi, dah malam nih. Lagipula badanku lagi gak sehat rasanya, biasanya kan orang gak sehat baunya agak kurang sedap memang.” kataku santai. Diantara teman-teman kantor, Iyor bisa dibilang paling ceplas-ceplos kepadaku, mungkin karena sudah bertahun-tahun bergaul cukup akrab, dan apa adanya. Kasarnya, saling memaki pun kami sudah terbiasa. Ejek mengejek diantara kami sudah bukan hal yang baru, kadang kelewatan, tapi kami sama-sama cuek dan
    Read More

Author

Search

Recent Post

Komentar Terbaru