Bugs di New Blog Detik

27 Aug 2015

Sudah cukup lama blog detik mengalami pembaruan. Aku gak tahu dalemannya gimana, tapi secara yang tampak saja setidaknya ada 2 perubahan mencolok. Pertama soal antarmuka. Tampilannya berubah, cukup menarik, meskipun nuansa Wordpress masih belum hilang. Blogdetik sendiri mengklaim sebagai “Platform Blok Lokal Asli di Indonesia” … hmm, ya sudahlah, aku kurang paham maksudnya. 

Perubahan kedua adalah penggabungan user menggunakan Detik Connect. Bagi yang aktif di portal detik, hal ini menguntungkan, karena gak perlu punya banyak user (dan password), cukup satu akun bisa merambah ke berbagai produk detik.com.

Sayangnya setelah berbulan-bulan mencoba, aku masih menemukan beberapa masalah dengan pembaruan ini. Entah hanya aku saja, atau mungkin memang ini masalah yang dialami oleh pengguna lain. Sekedar berbagi saja, mungkin sebagai surat terbuka buat pengembang blog detik, syukur2 diperhatikan dan bisa segera diperbaiki.

Bug pertama adalah soal session. Setelah sukses login ke blog detik, biasanya di tepi atas kanan akan tampil menu untuk mengakses dashboard blog detik. Tapi jika kita lama gak login, tampaknya session ke blogdetik akan berakhir. Ketika session berakhir, harusnya yang tampil kan tombol untuk masuk kembali. Tapi kelihatannya waktu session di blogdetik berbeda dengan waktu session untuk detik connect. Akibatnya ketika session blogdetik habis, menu di pojok kanan atas itu masih memberi informasi user, tapi user detik connect dan menunya juga menu ke dashboard detik connect. Padahal aku sedang membuka halaman blog detik. 

Pas pertama menemukan hal ini sempat membuatku frustrasi. Tiap klik menu dashboard, yang kebuka dashboard detik connect. Aku coba cari-cari link untuk menuju dashboard blogdetik, gak nemu juga. Pas balik ke blogdetik, masih juga yang tampil menu detik connect. Akhirnya satu-satunya solusi yang aku temukan adalah logout dari detik connect, terus login lagi. Nah, barulah tampil menu ke dashboard blogdetik.

Saran buat blogdetik admin, entah hal ini memang disengaja atau gak, seharusnya kalau ada di portal blogdetik, yang tampil ya konsistem menu blogdetik. Kalau ingin ada fasilitas untuk mengakses detikconnect, mendingan menunya di-merge, jadi gak gantian gitu membingungkan. Juga session antara blog detik dan detik connect juga sebaiknya disinkronkan.

Bug kedua adalah ketika gagal membalas komentar dari dashboard. Ini aku jumpai beberapa kali, dan barusan masih terjadi. Misalnya ada 5 komentar masuk : 1,2,3,4 dan 5 dimana komentar 1 adalah yang terbaru. Aku bisa membalas komentar 2-5, dan tersimpan dengan baik. Tapi ketika membalas komentar 1, kebanyakan gagal. Data bisa disimpan, tapi tidak muncul di blog. Ketika aku refresh dashboard, balasan untuk komentar 1 itu ilang. Ini hanya terjadi untuk komentar terbaru. Entah kenapa.

Baru setelah beberapa hari, aku coba lagi, bisa. Mungkin sengaja dipaksa jangan buru-buru membalas komentar, kasih waktu satu-dua hari dulu lah, hehehe.

Oh ya, ada satu lagi, tapi ini sudah lama jadi aku gak yakin apakah masih terjadi atau gak. Masih terkait dengan session. Beberapa kali aku alami, ketika sedang menulis blog yang panjang, mendadak selalu ada masalah ketika akan menyimpan sebagai draft ataupun menerbitkannya. Ada pesan kesalahan, tapi tidak informatif. Cuma dibilang, kalau gagal disimpan, coba lagi. Udah dicoba berkali-kali, gagal mulu. Sempat frustrasi karena dulu aku sering mengalami sampai komplen ke admin blog juga dan niat pindah blog juga.

Setelah aku coba selidiki, ternyata session sudah habis. Jadi aku buka tab/windows baru di browser, dan login ke blogdetik lagi. Barulah postingan tadi bisa disimpan atau diterbitkan, tanpa kehilangan apa yang sudah aku ketik. Sebaiknya kalau ada error, misalnya masalah session, yang pasti bisa dengan mudah dideteksi, bisa diinformasikan, jadi user gak bingung. Tapi ini sudah lama aku alami, jadi gak yakin apakah masih terjadi atau gak.

 

Sedikit masukan buat blogdetik. Semoga segera ada perbaikan. Bravo!


TAGS blog blogdetik bug system internet curhat


-

Author

Search

Recent Post

Komentar Terbaru