LucidChart - Online Flowchart and Diagram

30 Mar 2011

Ini bukan promosi. Baru saja menemukan website ini dari Chrome Web Store, dan belum sempat mempergunakannya.

Sejak teknologi berbasis web mulai berkembang, aku mulai tertarik untuk sepenuhnya memanfaatkan teknologi berbasis web. Selain karena bisa diakses lebih fleksible, aku tidak perlu menginstall berbagai macam program desktop yang kadang sering menjadi sampah di registry dan membuat start menu maupun desktop menjadi penuh dengan icon yang membosankan. Aku suka desktop yang ringkas, bersih.

Selain itu, teknologi berbasis web juga lebih bersifat multiplatform : mau pakai Windows, Linux, atau MacOS bisa saja. Apalagi ada yang mengembangkan versi mobile untuk masing-masing aplikasinya. Jadi aku gak perlu kuatir kalau lagi pengen nyobain OS gratisan dan menghindari bajakan. Dari sinilah dulu aku berangan-angan, bagaimana kalau tiap aplikasi desktop yang ada sekarang ini dibuat versi web juga.

Salah satu aplikasi yang cukup penting di dunia kerja adalah aplikasi untuk membuat diagram dan chart. Aplikasi paling populer menurutku adalah Visio. Kelemahannya, under Windows only, dan harganya mahal. Sudah mulai banyak versi gratisan, seperti Dia. Tapi aku merasa kurang nyaman. Tapi bukan sekedar gratis dan multiplatform, tapi aku pengen ada yang berbasis web. Jadi aku cukup menjalankan browser, aku bisa browsing sekaligus bekerja termasuk menggambar dan membuat diagram: ERD, Flowchart, DFD atau UML. Sayangnya, 5 tahun lalu, bahkan hingga tahun lalu aku belum menemukannya.

Thanks to HTML5!

Secara tidak sengaja aku menemukan website yang menyediakan layanan ini, mungkin sudah lama, tapi sayangnya aku baru menemukannya sekarang. Lucidchart.com

Padahal dulu sempat kepikiran untuk membuat website seperti ini, khususnya yang berbasis mobile. Idenya adalah agar kita bisa membuat diagram dimanapun dan kapanpun, dengan catatan ada koneksi internet.


TAGS Website Flowchart


-

Author

Search

Recent Post

Komentar Terbaru