Bugs dan Garansi

23 Jul 2009

“Bu, tadi saya sudah update perbaikannya, tapi kata customer masih error juga.”, kata Reynaldy saat Marta baru saja datang sehabis dari tempat client di Jakarta.

“Yang masalah mana dulu, yang pertama atau yang kedua.” jawab Marta selepas meletakkan tas laptopnya, sambil melangkah mengambil gitar. “Kalau yang kedua aku memang gak mau ngerjain, soalnya mereka menolak untuk kontrak maintenance.”

“Mas, ” Marta berkata kepadaku, sambil sedikit memainkan gitar. “kalau ada error di program kita, itu masih tanggung jawab kita bukan? Kan sudah di luar masa garansi.”.

“Kalau bugs, error di program yang kita buat, ya itu masih tanggung jawab kita. Tapi kalau penambahan atau perubahan, itu harus ada biaya tambahan” jawabku.

“Tapi kok tempat temanku, sekalipun error dari produk mereka, tetap mereka gak mau memperbaiki secara cuma-cuma kalau sudah diluar masa garansi. Sama juga kalau beli barang kan gitu” kata Marta.

“Kalau menurutku, selama masalah ada di program yang kita buat, artinya ada error akibat kesalahan kita, kita punya tanggung jawab untuk memperbaikinya. Ibaratnya ini garansi seumur hidup, kan kita yang salah, jadi itu wujud tanggung jawab kita untuk memperbaiki kesalahan yang kita buat.” jawabku.

“Masak gitu sih? Apa gunanya masa garansi?” tanya Marta, masih kurang puas.

“Ya mungkin garansi itu termasuk penambahan atau perubahan kecil, dan selama masa garansi kita masih bisa memberikan layanan kunjungan ke client. Tapi di luar masa garansi, support hanya kita berikan secara online - bisa per email atau telepon”.

“Lagipula, “, lanjutku, “kan gak enak juga rasanya kalau kita ngasih barang yang rusak ke client, ibaratnya seperti itu. Ya rasa tanggung jawab aja sih menurutku. Lagipula kan rasanya senang kalau hasil karya kita digunakan secara maksimal dan bisa bermanfaat bagi orang lain.”

“Oh, gitu ya. Baik banget kita ini ya”.

“Iya, makanya kita jadi kayak gini … hahahaha ” kataku. Marta dan orang lain di ruangan itupun ikut tertawa.


TAGS Customer Care Tanggung Jawab


-

Author

Search

Recent Post

Komentar Terbaru