Facebook Kok Error???

9 Jul 2009

“Mas, kok aku buka facebook gak bisa ya?”, tanya Iyor lewat telpon. “Tapi kok punya Renaldy bisa ya ..”

“Wah, gak ngerti juga. Aku lagi gak mainan facebook nih”, jawabku berbohong. Ah, emang sudah juga, masak masalah sepele gini harus bohong.

“Gak sedang diutak-atik ya?” tanya Iyor kurang puas, dengan nada yang memprihatinkan karena sedang flu.

“Aku sih gak ngutak-atik apa-apa”, jawabku tegas.

“Ya udah deh”. Telpon ditutup. Aku sedikit lega.

Facebook memang fenomenal. Di hampir setiap customer yang kudatangi, di waktu luang para karyawannya asyik bermain facebook. Bahkan di tempat yang sangat dilarang menggunakan internet, mereka masih bisa memanfaatkan handphone pribadi untuk update atau memantau status. Tak ketinggalan di kantorku, facebook lebih diingat daripada laporan harian. Selain aktivitas update status dan chatting, facebook juga dimanfaatkan untuk bermain game. Inilah yang terasa sangat mengganggu.

Beberapa orang sengaja datang awal dan pulang cepat hanya untuk bermain game di FB. Kadang, yang kebetulan bisa internetan di kos, bermain game hingga larut malam, dan akibatnya tidak efektif bekerja karena di kantor ngantuk. Ada juga yang karena tidak banyak kerjaan, hampir sepanjang jam kerja dimanfaatkan untuk main game. Aku jengkel, tapi sengaja gak ngambil tindakan apa-apa. Main aman dulu, daripada ribut.

Justru Renaldy yang kegerahan, padahal dia cuma teknisi. Dia juga sering bermain FB karena memang banyak waktu luang. Namun sepertinya dia gak rela dan jengkel melihat ulah beberapa karyawan yang lebih banyak main game di FB daripada bekerja. Makanya Renaldy mencari cara bagaimana memblokir akses ke situs FB di jam kerja. Dulu di kantor pernah ada kebijaksanaan untuk blokir internet dan YM di jam kerja, tapi aku tentang karena selain gak efektif, juga membuat orang mencari-cari celah.

Makanya aku terapkan prinsip kebebasan bertanggungjawab. Bebas pakai internet, YM, game dan sebagainya, asal tahu diri, tahu waktu dan pekerjaan beres. Namun belakangan, produktivitas mulai menurut, sementara aktivitas FB di jam kerja rasanya makin meningkat. Secara tidak langsung aku mendukung upaya Renaldy melakukan blokir FB.

Semalam, percobaan pertama dilakukan. Cukup sukses. Dari laptopku, aku gak bisa akses FB. Malah saat blokir dibuka, aku masih tetap gak bisa akses FB, dan harus restart FB (aneh juga google chrome ini). Tapi anehnya, dari komputer Renaldy sendiri, yang melakukan setting blokir, tetap bisa mengakses FB. Lha kok ….

Setidaknya hari ini blokir situs FB coba dilakukan oleh Renaldy. Beberapa orang langsung bertanya-tanya, salah satunya adalah Iyor, yang paling sering main game. Saat ini belum ada yang curiga kalau FB diblokir, tapi mungkin gak lama lagi. Biarlah …


TAGS Pekerjaan facebook


-

Author

Search

Recent Post

Komentar Terbaru